Selasa, 22 September 2009

Struktur Internet

World Wide Web adalah suatu sarana pembagian informasi antara pengguna jaringan komputer.  Suatu informasi (berupa tulisan, gambar, suara, atau video) dapat diberikan kepada orang lain yang memungkinkan terjadinya pertukaran pengetahuan atau pembagian pekerjaan

Pengertian World Wide Web

World Wide Web (biasa disingkat WWW) atau web adalah salah satu dari sekian banyak layanan yang ada di internet. Layanan ini paling banyak digunakan di internet untuk menyampaikan informasi karena sifatnya mendukung multimedia. Artinya informasi tidak hanya disampaikan melalui teks, tapi juga gambar, video dan suara.

Web Server adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang memberikan informasi.

Web client adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang meminta informasi. Untuk dapat mengakses web server, web client menggunakan aplikasi yang disebut Web browser.

Web browser meminta dan menerima data dari web server melalui suatu protokol yang disebut http (hypertext tranfer protocol). Protokol ini bertugas untuk mengirimkan perintah dari web browser ke web server serta mengirimkan file/data dari web server ke web browser.

File yang dikirim dalam layanan web ini berekstensi *.htm atau *.html. HTML merupakan singkatan dari hypertext markup language, yaitu satu bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan susunan informasi dalam file hypertext. Hypertext sendiri adalah suatu struktur pemyampaian informasi dimana satu atau beberapa kata pada suatu file dapat di-link untuk mengeluarkan file baru yang biasanya berisi informasi detail tentang kata tersebut. 

 

 

Services atau layanan adalah kemampuan suatu komputer dalam memberikan suatu informasi atau melakukan sesuatu bagi komputer lain.  Komputer yang memberikan layanan disebut server dan yang meminta layanan disebut client.

Di dalam internet, terdapat beberapa service/layanan yang umum.  Layanan-layanan itu adalah sebagai berikut:

*  HTTP, yang merupakan layanan dimana pengguna dapat tukar-menukar berbagai informasi melalui web. Untuk pertimbangan keamanan data, dapat juga didesain web yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan password terlebih dahulu sebelum dapat mengakses web.

*  FTP (File Transfer Protocol), merupakan suatu layanan yang digunakan untuk mentransfer file dari suatu lokasi ke lokasi lain.

*  E-mail, merupakan layanan paling populer, karena dengan E-mail pengguna dapat dengan mudah mengirim pesan, dan dapat juga digunakan untuk mengirim data.

*  Video Conference, merupakan layanan yang sangat interaktif, karena dapat terjadi komunikasi dua arah secara audio/visual.

*  Dan lain-lain.

 

URL (Uniform Resource Locator

 

Setiap komputer yang terhubung ke Internet dapat didaftarkan untuk memiliki nama yang disebut hostname.  Hostname yang lengkap disebut Fully Qualified Domain Name (FQDN).  Contoh FQDN:

www.microsoft.com

FQDN ini terdiri atas:

n  Nama host (hostname).

n  Nama tempat komputer itu berada secara fisik atau secara kepemilikan (name of site).

n  Jenis organisasi pemilik.

 

 

Contoh URL:

http://www.microsoft.com/default.asp

mempunyai arti:

 

Untuk mengakses informasi yang disediakan oleh suatu komputer pada Internet, diperlukan alamat URL (Uniform Resource Locator) informasi tersebut berada.  Alamat URL secara berurutan terdiri dari :

1.      Jenis protokol atau metode yang dipergunakan untuk mengakses informasi (access method).

2.      FQDN komputer tempat informasi itu berada.

3.      Penunjuk atau file dokumen yang menampung informasi tersebut (resource locator).

 

Bagian URL

Arti

 

 

http

Informasi diambil dengan menggunakan metode HTTP.

www.microsoft.com

Informasi berada pada komputer/host dengan nama www.microsoft.com

default.asp

Informasi berada atau ditunjukkan oleh file default.asp

 

 

 

 

 

 

 

Catatan

Umumnya host penyedia informasi telah mengatur konfigurasinya sedemikian sehingga resource locator tidak perlu didefinisikan.

 

 

 

 

 

 

HyperText dan HyperLink

 

 

Pengguna di internet atau di intranet dapat membuat halaman Web dan antara halaman web yang satu dengan yang dapat terjadi link, hal ini dapat terjadi bila menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).  Setiap halaman web, termasuk home page untuk Web site, memiliki alamat yang unik yang dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL).

Halaman web adalah hypertext document (file yang memiliki format Hypertext Markup Language (HTML)) yang memiliki hyperlink.

Hyperlink adalah suatu shortcut pada halaman HTML yang mengacu ke resource yang terletak pada satu halaman atau suatu web site lain.

 

 

Contoh Halaman HTML:

            Office Suites and Applications

From this complete listing of Office family products, you'll discover an array of new ways to become ever more productive and proud of your work.  For more information, visit http://www.microsoft.com/

 

Kalimat "Office Suites and Applications" adalah hypertext yang mengacu ke bagian "Office Suites and Applications" yang ada di bawahnya, sehingga apabila kita klik kalimat yang di atas, kita akan langsung dibawa ke bagian yang ada di bawah.

Kalimat "http://www.microsoft.com/" adalah hyperlink yang mengacu ke web site Microsoft, sehingga dengan mengklik kalimat tersebut, kita akan dibawa ke web site Microsoft.

 

 

Konsep Navigasi

 

 

Lapisan navigasi suatu intranet sederhana adalah beberapa halaman HTML yang menyediakan kategori yang luas mengenai informasi dan layanan pencarian data pada intranet. 

Lapisan ini tidak harus dibangun dan dikelola oleh seorang profesional dalam bidang pembuatan Home Page, karena dengan adanya FrontPage semua pengguna dapat membangun dan mengatur suatu web dengan mudah.

 

Jadi Kesimpulannya:

 

URL adalah URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, fungsi URL di internet sama halnya dengan fungsi alamat rumah di dunia nyata. Untuk mengunjungi rumah seseorang kita musti tahu alamatnya bukan?? nah.. begitupun jika kita ingin mengunjungi sebuah halaman situs di internet, kita musti tahu alamatnya atau URL-nya.

https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.

Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.

Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’

http (hypertext tranfer protocol). Protokol yang bertugas untuk mengirimkan perintah dari web browser ke web server serta mengirimkan file/data dari web server ke web browser.

 

Web Browser adalah : Applikasi Yang digunakan web client Untuk dapat mengakses web server, agar mendapatkan informasi yang diinginkan.

 

Download adalah suatu proses pengambilan data/informasi dari internet baik berupa file, suara, video,dll.

 

Upload adalah suatu proses pemasangan data/informasi di internet pada halaman web baik berupa file,suara,video,dll.

 

HTML Hypertext Markup Language (HTML)  adalah suatu Halaman web yang merrupakan hypertext document  yang memiliki hyperlink  atau  bahasa standar yang digunakan browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen yang dipajang pada Web. Selain memungkinkan komputer berkomunikasi, HTML juga menyediakan link di antara file-file yang ada di komputer yang berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang jauh.

 

 

Created By “Afian Amri Fajri”

 

 

 

diposkan oleh Aaf'sBlog @ 23.12  

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda